Friday, September 25, 2009

Cheddar Japanese Cheese Cake

Ketujuh kali bikin Japanese style Cheese Cake, dua kali nyoba pakai cream cheese merek “Aussie” dan “Yummy” neufcatel, sisanya pakai Kraft Cheddar Cheese yg diolah sedemikian rupa hehehe. Secara customer lebih puas pas pakai Kraft Cheddar Cheese, katanya rasa kejunya lebih keluar dan lebih harum, ngak ngek ngok deh, jadi untuk seterusnya aku akan pakai Kraft Cheddar Cheese untuk JCC.

Resep dan cara pengolahan aku copy dari resep Cheddar Cheese Cake ala mba Shirley Theresia ownernya “Dapur Solia” digabung dengan JCC ala Yasaboga yg udah dimodif sama bu Fatmah Bahalwan. Hasil jadi, 1 loyang 22 cm bulat, tinggi 5-6 cm atau 2 loyang oval sedang, tinggi 6-7 cm.

Bahan-bahan:

Bahan I:
200 ml Susu UHT cair
60 gram Butter
180 gram Cheddar cheese

Bahan II:
50 gram Tepung terigu protein sedang
50 gram Maizena
5 buah Kuning telur
1-2 sdt Air jeruk

Bahan III:
5 buah Putih telur
125 gram Gula pasir
1/3 sdt Cream of tar-tar

Cara membuat:

1. Siapkan loyang 22 cm, olesi dengan mentega, lapisi dengan kertas roti, olesi sekali lagi dengan mentega hingga rata. Lapisi bagian luar bawah loyang dengan aluminium foil, pastikan loyang kedap air. Siapkan loyang untuk air rendaman, isi dengan air sampai 1/4-nya (saat memanggang ketinggian air tidak boleh melebihi 1/3 tinggi loyang adonan).

2. Parut keju cheddar, gabungkan dengan sebagian susu, blender halus. Campur mentega, sisa susu cair, dan blenderan keju cheddar dalam panci/mangkok kecil, lalu letakkan di panci tim yang sudah berisi air panas agak banyak. Tutup panci tim dengan lap bersih yang kering. Nyalakan api selama 2-3 menit, lalu matikan api.
Biarkan panci tertutup selama 5 menit. Buka panci, aduk-aduk adonan krim hingga rata.

3. Dalam keadaan krim masih hangat, ayak terigu dan maizena (Bahan II) ke dalamnya.
Aduk hingga rata. Masukkan kuning telur. Masukkan air jeruk. Pastikan semua bahan menyatu.

4. Masukkan loyang berisi air ke oven, nyalakan oven dengan suhu 160 °C.


5. Kocok putih telur, gula pasir dan cream of tar tar hingga 'soft peak' saja (jangan sampai terlalu kaku lho). Masukkan kocokan ini ke adonan. Aduk hingga rata benar. Tuang adonan ke dalam loyang.

6. Cek loyang apakah sudah cukup hangat. Air rendaman tidak perlu sampai mendidih / bergolak, cukup sampai ada gelembung2 kecil di dasar loyang. Letakkan adonan loyang di atasnya.


7. Panggang selama 50 menit.
Jika masih kurang matang, bisa ditambahkan 10-15 menit lagi. Saat matang, permukaan cheese cake tetap kuning (tidak coklat) dan ada semu keemasan.

8. Dalam keadaan hangat, langsung balik adonan. Supaya tidak lengket, gunakan selembar serbet kering untuk membalik. Pelan-pelan ya, karena cheese cake ini lembuuut sekali.

9. Dinginkan cake hingga mencapai suhu ruang, masukkan kulkas sejenak, setelah tekstur kue lebih stabil hias dengan selai aprikot atau whipped cream dan buah-buah di atasnya.

No comments:

Post a Comment