Friday, September 25, 2009

Choco Chip Cookies

Original recipe from mba Yenny – Simple Kitchen, dgn menggunakan 100gr kacang-kacangan, karena mostly customerku yg ga suka kacang, jadilah si kacang kuganti dengan DCC serut..

kukis ini jadi nyoklat abiz, teksturnya a bit chewy tapi juga renyah, karena penggabungan butter dan margarine, mau lebih nyoklat lagi, tambahin aja 1 sdt black forest pastanya Toffieco.. mantapphhh.. keponakanku Kevin yg ga suka ngemil aja bisa abis setoples gede sendirian..

 

Choco Chip Cookies

Modify by Puspita

 

Bahan :

180 gr mentega (aku pakai 100 gr Butter dan 80 gr Blue Band)

100 gr brown sugar/gula palm

75 gr gula kastor

1 bt telur (ukuran sedang)

180 gr tepung terigu protein rendah

20 gr maizena

1 sdt baking powder

20 gr coklat bubuk kualitas bagus

100 gr DCC diserut kasar, bekukan di freezer

75 gr chocolate chips utk hiasan

1 sdt black forest pasta

 

Cara Membuat :

1. Kocok mentega sebentar (dgn whizker aja jgn pakai mikser), masukkan campuran gula dan black forest pasta, kocok lagi sampai sebagian gula larut.

2. Masukkan tepung terigu, maizena, coklat bubuk dan baking powder yang telah diayak sebelumnya, aduk pelan asal rata. Masukkan DCC serut, aduk sebentar.

4. Ambil kurang lebih 1 sdt adonan, bulatkan (pipihkan sedikit) pada loyang yang sudah dioles mentega dan dialas kertas roti, atur dan beri jarak agak jauh karena kukis ini agak meleber.  Hias dengan beberapa choco chip diatasnya.

6. Panggang 25-30 menit sampai pinggirnya kering. Tengahnya ga papa kalau masih agak empuk, yg penting sudah tidak basah saat dipegang.

7. Diamkan sebentar diatas loyang, baru pindahkan ke rak kawat, biarkan dingin.

 

Note: jika ingin lebih kering, panggang 20 menit, keluarkan, angin-anginkan diluar hingga dingin, panggang lagi 10 menit..

No comments:

Post a Comment